Apa itu Buah Rambusa yang Beragam Manfaatnya?

Apa itu Buah Rambusa yang Beragam Manfaatnya?

Minggu, 07 Juni 2020

apa itu buah rambusa dan manfaatnya

Rambusa, markisa mini atau ermot adalah nama sejenis buah kecil, yang ketika masak tertutup oleh perbesaran kelopak bunga. Buah ini juga dikenal dengan berbagai nama daerah seperti ceplukan blungsun, permot, rajutan, kaceprek atau ki leuleu’eur, dan timun dendang atau timun padang  Diduga berasal dari Amerika Selatan, rambusa kini hidup meliar di banyak tempat. 

Tumbuhan ini biasa didapati bercampur dengan herba dan semak lainnya di kebun, tegalan, sawah yang mengering, di pasir pantai, tepi jalan, tepi hutan dan bagian-bagian hutan yang terbuka disinari terik matahari.  Pada masa lalu rambusa ditanam untuk buahnya, yang manis dan banyak sari buahnya jika masak. Anak-anak menyukainya. Hanya saja, buah yang muda beracun.  

Rambusa juga ditanam sebagai tanaman pagar dan tanaman penutup tanah, untuk melindungi tanah dari erosi yang berlebihan. Pucuknya yang muda kadang-kadang dimanfaatkan sebagai sayuran.  Tahukah Anda manfaat buah Rambusa untuk kesehatan?  Buah rambusa yang dapat dikonsumsi yaitu yang matang, ditunjukan dengan buahnya berwarna kuning. 

Jangan pernah mengkonsumsi buah ini saat masih mentah karena mengandung racun. Buah rambusa mengandung berbagai macam nutrisi yang bagus untuk untuk kesehatan, antara lain kalsium, vitamin C, flavonoid, potassium, zat besi, fitronutrien, dan lain sebagainya  Kandungan kalsium dan vitamin C dalam buah ini bemanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, gigi dan gusi.   

Kalsiumnya mampu menjaga kepadatan tulang sehingga terhindar dari resiko osteoporosis. Selain itu zat anti oksidan yang terdiri dari vitamin C, flavonoid, dan potassium mampu menangkal radikal bebas, sehingga mampu menangkal seperti pertumbuhan sel kangker, dan kerusakan jaringan kulit.  

Kandungan zat besi dalam buah rambusa mampu mencegah penyakit anemia. Zat besi berguna untuk membantu memproduksi sel-sel darah merah, sehingga dapat mencegah anemia dan mengatasi penyakit anemia. Selain itu kandungan fitronutrient di dalam buah ini sangat bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah sehingga tetap stabil.  Buah rambusa juga memiliki kandungan mineral. 

Kandungan mineral yang terdapat dalam buah ini sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal dan menyembuhkan gangguan pada ginjal. Kandungan mineral ini mempunyai kemampuan untuk membantu fungsi ginjal dalam proses ekskresi urine.   Selain mengatasi penyakit, buah rambusa juga mampu mengurangi rasa stres. 

Kandungan senyawa yang terkandung dalam buah ini mampu meningkatkan hormon rasa senang. Selain itu juga dapat menstabilkan syaraf-syaraf pusat, sehingga tubuh dan otak menjadi lebih tenang dan rileks.  Begitu banyak kandungan manfaatnya, jangan segan-segan untuk mengkonsumsi buah ini ya.  

Sumber :  https://id.m.wikipedia.org/wiki/Rambusa  
https://m.watyutink.com/topik/did-you-know/Rambusa-Tampak-Menyeramkan-tapi-Kaya-Manfaat